Halaman

Selasa, 21 Mei 2013

RPP MATEMATIKA KELAS X


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                 
Nama Sekolah             :        .....................................       
Mata Pelajaran          :        Matematika
Kelas / Semester         :        X (Sepuluh) / Ganjil

Standar Kompetensi   :  3.         Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel.

Kompetensi Dasar      :    3.1.    Menyelesaikan sistem persamaan  linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel.

Indikator                     :  1.   Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.
                                       2.   Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear tiga  variabel.
3.   Menentukan penyelesaian sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dua variabel.
                                   

Alokasi Waktu            : 4 jam pelajaran (2 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran
         a.   Peserta didik dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
         b.   Peserta didik dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
         c.   Peserta didik dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dua variabel. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
        
B.      Materi Ajar
         a.   Sistem persamaan linear dua variabel.
         b.   Sistem persamaan linear tiga variabel.
         c.   Sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dua variabel.
        
C.     Metode Pembelajaran
         Ceramah dan tanya jawab

D.     Langkah-langkah Kegiatan
         Pertemuan Pertama dan Kedua
         Pendahuluan
         Apersepsi      :  Mengulang kembali pelajaran sebelumnya sudah dipelajari.
      Motivasi        :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel, penyelesaian sistem persamaan linear tiga  variabel dan penyelesaian sistem persamaan campuran linier dan kuadrat dua variabel.
        

Kegiatan Inti
&    Eksplorasi (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)

Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh- contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik dari media interaktif, dsb).

& Elaborasi (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
Dalam kegiatan elaborasi,
         a.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua , penyelesaian sistem persamaan linear tiga  variabel dan penyelesaian sistem persamaan campuran linier dan kuadrat dua variabel.
         b.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh yang disajikan.
         c.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penentuan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaian sistem persamaan linear tiga  variabel dengan metode grafik, metode substitusi, metode eliminasi, dan metode eliminasi-substitusi. Sedangkan penyelesaian sistem persamaan campuran linier dan kuadrat dua variabel dengan metode subtitusi
e.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket.

& Konfirmasi (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a.   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui.
b.   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
         Penutup
         a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi sistem persamaan linear dua variabel.
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel, penyelesaian sistem persamaan linear tiga  variabel dan penyelesaian sistem persamaan campuran linier dan kuadrat dua variabel dari soal latihan dalam buku paket.
E.      Alat dan Sumber Belajar
         Sumber :     
-     Buku paket, yaitu buku Matematika SMA kelas X semester ganjil oleh Sartono Wirodikromo, penerbit Erlangga, halaman 108 – 121.        

         Alat : Laptop dan LCD

               F.      Penilaian           
Teknik                   : ulangan harian dan tugas individu.
Bentuk Instrumen : uraian dan pilihan ganda.
Contoh Instrumen : 
1.   Tentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear berikut: 
     
2.            Tentukan himpunan penyelesaian dari sistem persaman linear berikut:
     
3.            Himpunan penyelesaian sistem persamaan
       adalah . Nilai dari

5.   Nilai  yang memenuhi sistem persamaan: 
       adalah….
6.   Himpunan penyelesaian sistem persamaan:  
       adalah , maka nilai dari


                                                                                                ...............,.................  
Mengetahui,                                                                            Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah


______________                                                                    _________________
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.

0 komentar:

Posting Komentar